TENTANG LPNU KABUPATEN TANGERANG

Profil LPNU Kabupaten Tangerang

Sesuai dengan semangat perjuangan dan amanat raker PCNU Kabupaten Tangerang tentang prioritas program kerja, yaitu menciptakan pengembangan di bidang kesehatan, bidang pendidikan dan juga pemberdayaan di bidang ekonomi.

Maka, dalam acara pengajian bulanan Majelis Silaturahmi Kader Penggerak NU, tertanggal 29 Desember 2019 di Kelapa Dua, Bapak H. Agus Sigihartono, S.E. selaku wakil Ketua PCNU Kabupaten Tangerang bidang ekonomi mengajak diskusi para kader NU untuk membentuk dan menyusun Lembaga Perekonomian. Alhamdulillah pada saat itu pula dipilihlah Bapak H. Yumni Al Hilal, M.A. untuk mengemban amanah sebagai Ketua LPNU Kabupaten Tangerang dengan saudara Rafiudin, M.Pd. diangkat sebagai sekretaris. Dengan berbagai upaya menerima masukan dan diskusi, terpilihlah calon pengurus LPNU yang kemudian mengadakan kumpul perdana pada tanggal 5 Januari 2020 di Cikupa. Sepekan kemudian tepatnya pada tanggal 10 Januari 2020 secara resmi terbit Surat Keputusan Tentang Kepengurusan Lembaga Perekonomian NU Kab. Tangerang Periode 2020-2023. Kepengurusan LPNU kembali berkumpul untuk membincang dan merancang tentang program kerja pada tanggal 18 Januari 2020. Pada tanggal 25 Januari 2020 diadakan Musyawarah Kerja I PC LPNU Kab. Tangerang di Hotel Amaris, Citra Raya. Sembari memperingati Harlah NU ke-94, Pengurus LPNU Kabupaten Tangerang dilantik oleh Ketua Tanfidziyah PCNU Kab. Tangerang.

Dalam susunan kepengurusan LPNU, terdiri dari tiga bidang prioritas yaitu Bidang Sinergi Ekonomi Kota dan Desa, Bidang Ekonomi Kreatif dan Kemandirian serta bidang Koperasi. Ketiga bidang ini sudah membuat program kerja yang insya Allah dapat membangkitkan perekonomian khususnya bagi warga nahdliyin, sesuai dengan visi LPNU yaitu Membangun Jejaring Ekonomi Menuju Kemandirian dan Kesejahteraan Umat.

Dengan terbentuknya Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama, diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pemberdayaan dan kemajuan umat di bidang ekonomi. Maka, insya Allah LPNU Kab. Tangerang dengan dorongan dan dukungan semua pihak, tujuan mulia ini akan tercapai.

“Wahai pemuda putra bangsa yang cerdik pandai dan para ustaz yang mulia. Mengapa kalian tidak mendirikan saja suatu badan usaha ekonomi yang beroperasi, dimana setiap kota terdapat satu badan usaha yang otonom”

(KH. Hasyim Asy’ari “Deklarasi Nahdlatut Tujjar 1918”)